Pelatihan Diversifikasi Produk Olahan Hasil Perikanan

Dinas Perikanan Kota Pasuruan melaksanakan pelatihan memasak berbahan dasar ikan yang bertempat di gedung KPRI PERGU Kota Pasuruan selama 2 hari mulai tanggal 7-8 Juni 2023.      

Pelatihan diversifikasi produk olahan hasil perikanan ini merupakan usaha untuk melakukan penganekaragaman produk yang bisa dihasilkan dari perikanan. Melalui kegiatan ini masyarakat diajak untuk dapat mengolah makanan berbahan dasar ikan menjadi berbagai macam inovasi menu dan juga dapat di praktekan dirumah untuk pemenuhan gizi keluarga dan diharapkan dapat lebih mendorong masyarakat dalam mengkonsumsi ikan. Selain itu juga masyarakat dapat memaksimalkan potensi perikanan di Kota Pasuruan baik dari pembudidaya ikan ataupun hasil tangkapan nelayan, sehingga tidak hanya dijual segar tetapi dapat menjadi produk olahan berbahan baku ikan yang mungkin menjadi peluang usaha baru bagi masyarakat untuk meningkatkan ekonomi keluarga.

Pada kegiatan pelatihan diversifikasi produk olahan perikanan Dinas Perikanan Kota Pasuruan di hari pertama ini dihadiri oleh owner UD.Family Food Gresik yang bergerak di bidang Pengolahan Produk Perikanan sekaligus bertindak sebagai narasumber, dan juga dihadiri sejumlah 60 peserta perwakilan dari berbagai kelurahan di Kota Pasuruan. Sekaligus Dalam Kegiatan ini pula diberikan sertifikat halal dari Lembaga Sertifikasi Halal kepada 3 pelaku usaha yang sudah mempunyai produk hasil pengolahan ikan.

Dihari berikutnya Pelatihan ini menghadirkan sejumlah 60 orang dari perwakilan guru SMP se-Kota Pasuruan dan juga mengundang 2 orang yaitu, Chef Hari Purwanto dari Chef Hari Culinary Center Sidoarjo, yang bertindak sebagai profesional dalam bidang mengolah masakan sekaligus sebagai Narasumber pada kegiatan pelatihan pada hari kedua.

Bapak H. Mualif Arif, S.Sos. MM selaku Kepala Dinas Perikanan Kota Pasuruan menambahkan pentingnya mengkonsumsi ikan untuk pemenuhan gizi terhadap masyarakat terutama bagi anak – anak dalam masa pertumbuhan, karena dengan mengkonsumsi ikan ataupun hasil perikanan baik dari pembudidaya ikan maupun tangkap nelayan dapat berpotensi menekan angka stunting yang menjadi program utama pemerintah. Maka dari itu perlu adanya penganekaragaman olahan hasil perikanan sehingga menghasilkan produk olahan ikan yang bervariatif, inovatif dan higienis.

About Admin

Check Also

Penyerahan Sertifikat Program SeHAT Nelayan

(Sabtu, 13 Januari 2024) Dinas Perikanan Kota pasuruan bersama dengan Kementerian ATR/BPN Kantor Pertanahan kota …