Studi Tiru Pengolahan Ikan Bandeng PT. Bandeng Juwana Semarang

Ikan Bandeng termasuk salah satu ikan yang mempunyai daya tarik tersendiri, selain memiliki gizi yang tinggi serta Omega-3 yang terkandung di dalamnya menjadikan ikan Bandeng menjadi ikan primadona di sebagian wilayah di Indonesia dan Asia Tenggara pada umumnya.

PT. Bandeng Juwana merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan ikan Bandeng yang cukup terkenal di Indonesia, Bandeng Juwana sendiri terletak di Kota Semarang tepatnya di Jalan Pandanaran No. 57. Perusahaan yang sudah berusia 4 dekade ini menjadikan Bandeng Juwana sangat dikenal oleh para penikmat ikan Bandeng.

Bapak Arif Honggowijoyo Kusmadi selaku Owner PT. Bandeng Juwana memaparkan ada sekitar 80 macam olahan yang berbahan dasar ikan Bandeng. Hal Ini yang membuat Dinas Perikanan Kota Pasuruan tertarik melakukan kegiatan Studi Tiru ke PT. Bandeng Juwana yang mungkin bisa menjadi tambahan informasi dalam mengolah ikan Bandeng atau dalam istilah ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi).

Jum’at (08/11/2023), Dinas Perikanan Kota Pasuruan disambut secara langsung oleh pemilik PT. Bandeng Juwana di dalam ruangan pertemuan. Acara tersebut meliputi pemaparan asal mula berdirinya Bandeng Juwana, proses perkembangan perusahaan, dan hasil produksi hingga saat ini. Selain itu kami diberikan kesempatan untuk praktek pembuatan Bandeng duri lunak, juga bagaimana pengolahan ikan Bandeng agar tidak amis, sekaligus mencicipi sajian hasil olahan ikan Bandeng.

Acara studi tiru ini juga di hadiri oleh Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Tengah dan Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Semarang sekaligus mendampingi Dinas Perikanan Kota Pasuruan selama dalam kegiatan sampai selesai. Diharapkan kegiatan studi tiru ini bisa menjadi motivasi dan inspirasi untuk pengembangan produksi pengolahan ikan khususnya Bandeng di Kota Pasuruan.

About Admin

Check Also

Indikasi Virus TILV di Tambak Ikan Nila Wilayah Kepel Kota Pasuruan

[Selasa, 16 Januari 2024]. Pengambilan sampel air tambak dan ikan di tambak ikan Nila Pembudidaya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *