Peran Aktif FORIKAN Kota Pasuruan mendapatkan penghargaan

Senin, (11/12/2023) Ketua Forikan Kota Pasuruan yg diwakili oleh Ibu Wakil Walikota Ibu Suryani Firdaus S.os.I.M.Kom menghadiri Hari Ikan Nasional Ke 10 Provinsi Jawa Timur yang dipimpin oleh Ibu Arumi Bachsin Dardak selaku Ketua Forikan Provinsi Jatim, bertempat di Dyandra Convention Center Surabaya. Kota Pasuruan menerima penghargaan atas peran aktif nya dalam memeriahkan Hari Ikan Nasional serta Peningkatan Angka Konsumsi Ikan tahun 2023.

Dilansir dari Jatim Newsroom. Kegiatan yang diinisiasi oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur (DKP Jatim) ini bertajuk ‘Ikan untuk Generasi Emas, Jatim Bangkit Terus Melaju’. Kegiatan merupakan sarana promosi untuk menunjukkan potensi kelautan dan perikanan Jawa Timur, dan bertujuan untuk mendukung indikator peningkatan konsumsi ikan Jawa Timur, serta memberikan pemahaman pentingnya konsumsi ikan untuk mewujudkan generasi emas 2045. 

Dalam sambutannya, Ketua Forikan Jatim, Arumi Bachsin Emil  Dardak menyampaikan, kegiatan peringatn Hari Ikan Nasional ini adalah suatu bentuk perayaan di Negara Indonesia, karena Indonesia  merupakan negara maritim yang daratannya lebih sedikit dari lautan. Maka, melalui kegiatan ini,  Ia berharap perikanan di Jawa Timur terus berkontribusi terhadap peningkatan konsumsi ikan. 

“Kegiatan Hari Ikan Nasional ini, merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya yang selalu diperingati, dan hal ini merupakan bentuk kegiatan yang mendukung program peningkatan konsumsi ikan di Jawa Timur. Dengan kegiatan ini diharapkan perikanan Jawa Timur dapat selalu berkontribusi terhadap peningkatan konsumsi ikan, pembangunan kelautan dan perikanan Jawa Timur pada khususnya, dan Indonesia pada umumnya,” tutur Arumi. 

Di Provinsi Jawa Timur, Arumi menerangkan, Forikan berusaha menargetkan seluruh programnya untuk menyasar para generasi muda yang berada di sekolah, mulai dari SMA, SMP, SD, hingga tingkat TK. Arumi menilai, sasaran program Forikan tersebut, sangat strategis karena pembiasaan makan ikan itu berasal dari keluarga yang dimulai dari usia dini. 

“Kalau masih di usia sekolah ini masih strategis karena diharapkan makan ikannya bukan hanya ketika disuruh saja tetapi sudah menjadi habit atau kebiasaan. Ketika suatu saat berkeluarga, mereka juga memasakkan anaknya dengan bahan utama ikan,” terang Arumi. 

Arumi pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung kinerja Forikan Jawa Timur selama ini, menurutnya Forikan Jatim tidak akan jadi apa-apa tanpa Ketua Forikan Kabupaten/Kota se-Jawa Timur yang punya semangat, strategi, dan program yang membuahkan hasil peningkatan konsumsi ikan pada masyarakat. 

“Sehingga konsumsi ikan secara signifikan di Kabupaten/Kota di Jawa Timur juga terus meningkat. Dan ini juga konsisten dengan penurunan angka stunting kita yang sekarang di posisi 19,2. Stunting di Provinsi Jawa Timur dengan jumlah populasi 40 juta jiwa, memang populasinya cukup besar, namun kalau dibandingkan dengan populasi ini angkanya sudah cukup bagus. Mudah-mudahan kinerja kita teruskan dan tingkatkan, sehingga target nasional 14% bisa tercapai di tahun 2024,” ujar Arumi. 

Diketahui, kegiatan peringatan Hari Ikan Nasional ke-10 ini, diikuti oleh seluruh Ketua Forikan Kabupaten/Kota se-Jawa Timur, Kepala OPD terkait lingkup Pemprov Jawa Timur, Kepala DKP Kabupaten/Kota se-Jawa Timur, para akademisi, dan pengurus tim penggerak PKK. 

Kegiatan diisi dengan penyerahan penghargaan kepada Ketua Forikan Kabupaten/Kota di Jawa Timur dan DKP Kabupaten/Kota di Jawa Timur atas peran aktifnya terhadap hari Peringatan Ikan Nasional, penyampaian materi dari pembicara Dosen Fakultas Perikanan dan Kelautan UNAIR Heru Pramono, demo masak berbahan baku ikan bersama Chef Billy Kalangi, dan gelar produk kelautan dan perikanan bersama UKM Binaan DKP Jatim. (vin/s) sumber https://kominfo.jatimprov.go.id/berita/ketua-forikan-jatim-harapkan-perikanan-jatim-terus-berkontribusi-pada-peningkatan-konsumsi-ikan

About Admin

Check Also

Sosialisasi Penerbitan Surat Rekomendasi BBM Untuk Nelayan

(Jum’at, 12 Januari 2024) Sosialisasi dalam upaya Dinas Perikanan Kota Pasuruan melalui Bidang Tangkap untuk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *