Forum Perangkat Daerah, capaian di bidang perikanan mengalamai kenaikan 2% pada 2023

Focus Group Discussion (FGD) atau Forum Diskusi Perangkat Daerah merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Dinas Perikanan Kota Pasuruan dengan mengundang pihak – pihak terkait serta beberapa kelompok masyarakat Kota Pasuruan yang bergerak di bidang perikanan pada Rabu (21/02/2024) lalu.

Kepala Dinas Perikanan Kota Pasuruan H. Mualif Arif, menyampaikan capaian kinerja Dinas Perikanan di tahun 2023 yang mengalami peningkatan sebesar 2% dari tahun 2022 lalu. Peningkatan tersebut antara lain, produksi perikanan, kasus ilegal fishing yang ditangani, produksi pengolahan dan pemasaran hasil perikanan, serta produksi garam yang ada di Kota Pasuruan.

Kepala Bidang Perencanaan Pembangunan Ekonomi Bapelitbangda Kota Pasuruan menyampaikan Perencanaan Pembangunan Kota Pasuruan 2025. Perencanaan tersebut meliputi Rencana Pembangunan Daerah RKPD dan Rencana Perangkat Daerah tahun 2025 dengan visi misi mempercepat pertumbuhan dan ketahanan ekonomi berbasis potensi lokal untuk membuka lapangan kerja dan pengurangan kemiskinan.

Beliau juga menyampaikan 10 Program Super Prioritas Pasuruan Kota Madinah, dan Dinas Perikanan berkontribusi dalam program tersebut yaitu, Program Penguatan UMKM dan Ekonomi Kreatif (MOTIF) malalui POKLAHSAR, POKMASWAS, POKDAKAN, dan Kelompok Nelayan KUB.

Peserta yang menghadiri FGD di Dinas Perikanan, mulai dari Nelayan , Pembudidaya, Penggiat Ikan Hias dan UMKM pengolahan ikan, dengan antusias menyampaikan uneg-uneg dan pendapat serta berdiskusi tentang kegiatan yang menyangkut program dan keberlajutan pada sektor perikanan.

Hal tersebut menjadi catatan penting bagi Dinas Perikanan dan Pemerintah Kota Pasuruan untuk menentukan kebijakan kedepan dalam mencapai visi misi Kota Pasuruan Kota Madinah.

About Admin

Check Also

Monitoring Kesehatan Ikan dan Lingkungan

(Rabu, 27 Maret 2024) Monitoring Kesehatan Ikan dan lingkungan dengan melakukan pengambilan sampel air dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *